PHYSICS

PHYSICS
WELCOME TO MY LIFE

27/01/13

MOMENTUM DAN IMPULS



A.      UJI KOMPETENSI -1

1.     Sebuah tongkat menyodok bola billiard dengan gaya 80 N selama selang waktu 0,5 S.  Jika massa bola adalah 200 gram.  Tentukan kelajuan bola sesaat setelah disodok.
2.   Seorang pemain bola Volley memukul bola hingga bola menyentuh lantai dengan kelajuan 72 km/jam membentuk sudut 370 terhadap lantai dan dipantulkan oleh lantai dengan kecepatan yang sama dengan arah ke atas membentuk sudut 530 terhadap garis vertikal.  Jika massa bola 800 gram, tentukan:
A.         Momentum bila ketika menyentuh lantai untuk komponen mendatar dan vertikal.
B.         Perubahan momentum bola pada komponen mendatar dan vertical.
C.        Gaya yang diberikan bola pada lantai jika bola dan lantai bersentuhan selama 0,5 S
3.   Sebuah bola 400 gram bergerak dengan laju 50 m/s dan kemudian dihantam pemukul hingga arahnya berbalik dengan kelajuan 70 m/s.  Tentukan :
A.         Impuls pada bola
B.         Gaya yang diberikan pemukul pada bola, jika bola bersentuhan dengan pemukul selama 20 ms.

B.      UJI KOMPETENSI -2

1.    Seorang pemain volley memukul bola dengan Impuls 500 N.s.  Jika tangan dan bola bersentuhan selama 0,5 sekon tentukan gaya yang diberikan kepada bola!
2.    Sebuah roket menembakkan bahan bakar, hingga memperoleh Impuls 1,5.107 Ns.  Tentukan gaya dorong yang diperoleh roket setiap 0,5 sekon!
3.     Sebuah gola golf mula-mula dalam keadaan diam kemudian dipukul dengan gaya 250 N.  Jika bola dengan tongkat pemukul bersentuhan selama 2 sekon tentukan Impuls yang diberikan pemukul pada bola!
4.    Seorang pemain bola sodok menyodok bola dengan gaya 40 N.  Jika Impuls yang terjadi adalah 20 Ns, tentukan berapa lama bola bersentuhan dengan stik!

C.      UJI KOMPETENSI -3

1.    Seorang anak naik skate board yang massanya 5 kg dengan kelajuan 5 m/s.  Jika massa anak 25 kg, tentukan kecepatan skate board pada saat :
A.         orang melompat ke depan dengan kelajuan 2 m/s
B.         orang melompat ke belakang dengan kelajuan 2 m/s
C.        orang melompat ke samping dengan kelajuan 2 m/s
2.    Sebuah senapan massanya 2 kg menembakkan beluim yang massanya 2 gr dengan kelajuan 400 m/s, tentukan kecepatan senapan sesaat sebelum lepas dari senapan
3.  Dua buah bola A dan B.  massanya masing-masing 0,2 kg dan 0,4 kg kedua bola bergerak berlawanan arah dan segaris.  Kedua bola bertumbukan, sesaat setelah tumbukan kelajuan bola A adalah 10 m/s berlawanan dengan arah semula.  (kelajuan A dan B sebelum tumbukan masing-masing 80 m/s dan 12 m/s ?
4.   Sebuah bola A massa 600 gram dalam keadaan diam, ditumbuk oleh bola B yang bermassa 400 gram bergerak dengan laju 10 m/s.  Setelah tumbukan kelajuan bola B menjadi 5 m/s dengan arah sama dengan arah semula.  Tentukan kelajuan bola A sesaat ditumbuk bola B.

D.      UJI KOMPETENSI -4

1.   Sebuah bola massa 20 gram jatuh bebas dari ketinggian 3,2 m, dan menumbuk lantai.  Tentukan kecepatan bola sesaat setelah tumbukan dan tinggi bola jika :
A.         tumbukan elastis sempurna
B.         tumbukan elastis sebagian dengan e = 0,5 (g = 10 m/s2)
2.   Dua buah bola A dan B massanya masing-masing 40 gram dan 60 gram.  Kedua benda bergerak saling berlawanan dan segaris hingga akhirnya bertumbukan.  Tentukan kelajuan bola A dan B sesaat setelah tumbukan jika :
A.         tumbukan elastis sempurna
B.         tumbukan elastis sebagian dengan e = 0,4
C.        tumbukan tidak elastis

D.      UJI KOMPETENSI -5

1.   Sebuah bola jatuh bebas dari ketinggian 3,6 m.  setelah menumbuk lantai dipantulkan keatas dengan kelajuan 6 m/s.  Jika massa bola 800 gram tentukan:
A.         Kelajuan bola sesaat menyentuh lantai
B.         Impuls pada bola
C.        Gaya yang diberikan bola pada lantai, jika bola dan lantai bersentuhan selama 50 ms.
2.    Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian 10 m. Jika koefisien restitusi tumbukan antara bola dengan lantai adalah 0,9, hitunglah tinggi pantulan maksimal setelah bola itu membentur lantai dua kali!

1 komentar:

Ucup mengatakan...

bagaimana cara mengerjakan soal no 2 uji kompetensi 1 tlong djelaskan

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes