Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap
melalui observasi, penilaian diri, penilaian
“teman sejawat”(peer evaluation) oleh
peserta didik dan jurnal. Instrumen yang digunakan untuk
observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek
atau skala penilaian (rating scale) yang
disertai rubrik, sedangkan pada jurnal berupa catatan pendidik.
a. Observasi,
teknik penilaian yang berkesinambungan menggunakan indera, baik secara langsung
maupun tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah
indikator perilaku yang diamati.
b. Penilaian
diri, teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan
kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen
yang digunakan berupa lembar penilaian diri.
c. Penilaian
antarpeserta didik, teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk
saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan
berupa lembar penilaian antarpeserta didik.
d. Jurnal,
merupakan catatan pendidik yang berisi hasil pengamatan tentang kekuatan dan
kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.
Hasil
penilaian oleh pendidik setiap semester perlu diolah untuk dimasukkan ke dalam
buku laporan hasil belajar (rapor).Nilai rapor merupakan gambaran pencapaian
kemampuan peserta didik dalam satu semester.
0 komentar:
Posting Komentar